Perkembangan dan Pemanfaatan ICT di SeKuL Q








  • About ICT
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menuntut setiap guru dan dosen harus menguasai ICT Hal ini kelak tidak hanya bermanfaat bagi para pendidik, tetapi juga bagi peserta didik dalam meningkatkan produktifitas, efektifitas, efisiensi, dan kesejahteraannya. Dengan demikian, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya media pembelajaran dapat mengantarkan peran dan fungsi media menjadi semakin luas dan luwes.

Melalui ICT akan tercipta berbagai inovasi dalam media pembelajaran tersebut. Inovasi merupakan usaha untuk penerapan teknologi informasi dan kumunikasi dalam mengadaptasikan situasi PBM dan sumberdaya pembelajaran, yang meliputi SDM, kurikulum, disain, dan peralatan.



  • ICT in my SkuL
KaLau masaLah ICT.M3M ga' kalah ma sekolah-sekolah lainnya. Fasilitas yang ada cukup bagi kita untuk proses pembelajaran. Seperti area hotspot, LCD di tiap kelas, fasilitas internet di perpustakkan, dll.

Pemanfaatan ICT in my sekul....waw.........menurut q udah memenuhi standar.
Terbukti dengan kepandaian siswa m3m mengoperasikan komputer. Ga hanya itu program-program yang diberikan juga keren-keren dan tentunya sangat bermanfaat. Sekolah lain bahkan ada yang belum menerima pembelajaran seperti swishmax ataupun blog. Emank pak Jo guru yang hebat, ngajarin q materi-materi yang tak ku kenal. Dan akirnya q bisa selangkah lebih maju dari mereka.

Zaman sekarang ICT sangat dibutuhkan. Ilmu yang q dapat saat ini akan menambah pengalaman ku nantinya setelah menyelesaikan pendidikan di m3m ini. Karena pemanfaatan dan perkembangan yang dilakukan secara optimal untuk pembelajaran, pasti akan bermanfaat dikemudian hari. Ini semua tak lepas dari guru-guru yang telah menyampaikan ilmunya dengan sabar. Karena jujur, benar kata pak Jo di bidang ICT memerlukan kesabaran yang luar biasa.

Fasilitas yang diberikan tentu memberikan kelancaran dalam proses pembelajaran. Dahulu presentasi yang membutuhkan LCD di lakukan di ruang mulmed. Sekarang dengan adanya LCD di tiap kelas, qt ga'perlu lagi ke mulmed, itu juga upaya efisiensi waktu pembelajaran.
Meski sekuL fullday, anak2 asrama yang penuh dengan seambrek kegiatan masih bisa memanfaatkan area hotspot di SkuL. Mereka bisa mencari tugas2 yang berhubungan dengan internet tanpa harus keluar area M3M.

Anak rumahpun sering bawa laptop ke sekuL, pa lagi musim banyak2nya tugas. Laptop terlihat di mana-mana. Pernah q menghitung ada 8 laptop dalam sehari, ga'kebayang panjangnya kabel yang di pakaia buat nge-charge, ampe disusun paralel. Untuk refreshing, waktu luang mereka gunakan untuk otak-atik friendster and yahoo messenger.

Thankz Pak Jo.......
Yang telah menularkan ilmunya pada kami.
Yang utama atas kesabarannya dalam membimbing kami.

0 komentar: